Jenis Implan Hidung untuk operasi plastik

implan hidung – Operasi hidung identik dengan prosedur peninggian batang hidung. Prosedur untuk meninggikan batang hidung memerlukan penambahan implan pada bagian batang hidung untuk membuat terlihat lebih lebih tinggi. Implant yang digunakan untuk meninggian batang hidung ada berapa jenis yang bisa dipilih menyesuaikan dengan kondisi hidung masing-masing pasien dan selera pasien. 

operasi hidungJenis implant

Implan silikon

Implan silikon sa;ah satu junis implant yang sangat sering digunakan. Sebagian besar operasi peninggian batang hidung menggunakan implant silikon karna jenis implant ini sudah tersedia dalam bentuk jadi dan harganya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan menggunakan implant tulang rawan. Prosedur operasi peninggian batang hidung dengan menggunakan implant silikon tidak sesulit dengan menggunakan tulang rawan, implant ini mudah untuk dimasukan dan mudah juga untuk dilepakan jika terjadi reaksi penolakan dari tubuh pasien yang menyebabkan infeksi dan alergi.

Implan tulang rawan

Penggunaan implan tulang rawan memiliki kelebihan tersendiri yaitu dapat memperkecil reaksi penolakan dari tubuh yang menyebabkan infeksi dan alergi. Operasi hidung yang menggunakan implan tulang rawan biasanya merupakan operasi revisi yang memerlukan bahan alami sebagai pengganti implan silikon yang digunakan sebelumnya atau bisa juga pasien memang sudah memilih dari awal untuk menggunakan implan tulang rawan. Tulang rawan yang bisa digunakan sebagai implan hidung terbatas pada bagian-bagian tertentu saja yaitu :

Implan tulang rawan hidung (septum)

Implan tulang rawan hidung diambil dari area tulang rawan septum (septum kartilago) pada bagian batang hidung yang diambil sebagian kemudian diposisikan ulang pada batang hidung untuk membuat batang hidung menjadi lebih tinggi. Operasi ini termasuk jenis operasi yang sulit dan perlu ketelitian yang lebih serta tidak semua jenis operasi peninggian hidung bisa menggunakannya.

 

operasi hidung terbaikImplan tulang rawan telinga

Implan yang diambil dari tulang rawan telinga biasanya digunakan untuk bagian ujung hidung (tip). Implan tulang rawan telinga biasanya dikombinasikan dengan penggunaaan implan tulang rawan iga atau silikon pada bagian hidung untuk menombang implan pada bagian batang hidung serta membuant ujung hidung menjadi lebih tinggi menyesuaikan dengan ketinggian batang hidung. Penggunaan implan tulang rawan telinga pada bagian ujung hidung bisa membuat ujung hidung terlihat alami dan saat dipegang bagian ujung hidung lentur seperti tulang rawan hidung asli. 

Implan tulang rawan rusuk

Implan tulang rawan rusuk merupakan jenis implan yang paling bayak digunakan sebagai pengganti penggunaan implan silikon tetapi proses operasi peninggian batang hidung yang menggunakan implan tulang rawan rusuk termasuk operasi yang cukup sulit karna perlu melakukan operasi pada dua bagain tubuh sekaligus. Implan tulang rawan rusuk popular digunakan karna bahan yang lebih alami yaitu diambil dari tulang rawan rusuk tubuh sendiri. Biaya untuk operasi peninggian batang hidung dengan implan tulang rawan rusuk juga termasuk lebih mahal dibandingkan dengan jenis implan lainnya karna perlu melakukan 2 kali operasi yaitu pada pengambilan tulang rawan rusuk dan operasi peninggian batang hidung itu sendiri.